ANGGUR BATANG / JABOTICABA

Nama : Anggur Batang, Anggur Pohon, Jaboticaba, Jabuticaba, Guaperu, Guapuru, Hivapuru, Sabara, Ybapuru, Anggur Brazil,
Stok : 5 tanaman
Berat : 1,2 Kg
Harga : Rp 207.000

KETERANGAN

Spesies: Myrciaria cauliflora Berg., M. jaboticaba Berg., M. tenella Berg., M. trunciflora Berg.
Spesies Kerabat : Guavaberry, Rumberry (Myrciaria floribunda), Yellow Jaboticaba (M. glomerata), Camu-camu (M. paraensis). Anggur biru (M. vexator).

KETERANGAN

Anggur Pohon / Batang Jaboticaba mempunyai banyak cabang, sepintas penampilan jaboticaba mirip anggur hitam. Bentuk, warna, dan tekstur dagingnya memang mirip. Warna :

  • Buah Matang berkulit ungu pekat kehitam-hitaman dengan kulit tipis tapi kencang.
  • Buah Muda berwarna hijau.


Kulit tipis yang membungkus daging putih bening itu terasa lembut jika dikulum. Karena sifat kulitnya kencang, di Brazil (daerah asal) kulit yang dikeringkan digunakan sebagai obat diare, asma, atau radang, oleh karena itu banyak yang menyebut sebagai Anggur Brazil.
Dalam satu buah ada 1-5 biji kecil.

Di Indonesia, penampilan buahnya serupa dengan kupa Syzygium polycephalum. Gowok / kupa di Jawa memang memiliki warna, bentuk, dan ukuran yang mirip dengan Jaboticaba. Namun, keduanya spesies dari genus yang berbeda.

RASA :

Citarasa buah anggota famili Myrtaceae itu berubah seiring pertambahan umur buah. Sembilan hari terakhir menjelang matang-buah matang dalam 20-30 hari pascamuncul bunga-perubahan itu terjadi.

  • Hari pertama, rasanya seperti jambu biji; 
  • Hari kedua, manggis; 
  • Hari ketiga, leci; 
  • Hari keempat, markisa; 
  • Hari kelima, srikaya;
  • Hari keenam sampai delapan, anggur. 
  • Hari kesembilan saat buah matang sempurna, sensasi rasanya paling enak: manis dan aromanya harum

MANFAAT KESEHATAN JABOTICABA

Selain memiliki bentuk pohon dengan banyak cabang yang indah dilihat serta rasa yang segar, jaboticaba juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Antara lain, antipenuaan serta memiliki antioksidan yang tinggi yang bisa membunuh sel kanker.

SYARAT TUMBUH

  • Tanaman ini dapat tumbuh dan berkembang baik di daerah dengan ketinggian antara 0-1000 m di atas permukaan laut. Membutuhkan sinar matahari langsung atau daerah yang agak ternaungi. Tumbuhan ini dapat tumbuh dan bebuah dengan baik pada jenis tanah yang tanah yang gembur, berdrainase baik, ber-pH antara 5,5-6,5. Tanaman ini toleran terhadap angin tapi tidak tehadap udara asin laut. 
  • Jaboticaba termasuk tanaman kuat. Namun, ia membutuhkan waktu yang lama untuk tumbuh dan berbuah. Upaya mempersingkat pembuahan dengan cara stek bisa mempersingkat waktu berbuahnya dari minimal delapan tahun menjadi tiga tahun saja. 
  • Jaboticaba merupakan tanaman yang baru menghasilkan buah setelah delapan tahun ditanam dari bijinya. Meski pertumbuhannya tergolong sangat lambat, jaboticaba termasuk tanaman yang gampang perawatannya. 

BUDIDAYA JABOTICABA

  • Biji jaboticaba akan tumbuh menjadi tunas baru setelah satu bulan penanaman. Media pot yang disarankan adalah dua bagian pasir kasar dan satu bagian kompos. 
  • Jaboticaba dapat juga diperbanyak dengan stek. Jaboticaba stek akan berbuah dalam waktu tiga tahun. Sedangkan tanaman yang diperbanyak lewat biji baru bisa berbuah setelah delapan sampai 15 tahun. Pohon jaboticaba sudah bisa dijual saat berusia lebih dari enam bulan dengan tinggi 20 cm sampai 30 cm.





Tidak ada komentar

Isilah komentar / pertanyaan / testimoni sesuai dengan halaman atau tema post. Link aktif tidak diijinkan dan akan kami hapus tanpa pemberitahuan. Terima kasih telah berkunjung.

Toko Bibit

Posting Lebih Baru Posting Lama